Rabu, 06 Juni 2012

Motor Bakar Torak


Motor torak (piston) terdiri dari silinder yang dilengkapi dengan piston/torak. Piston bergerak secara translasi (bolak-balik) kemudian oleh poros engkol diubah menjadi gerakan berputar.
Menurut langkah kerja torak, motor bakar torak dibedakan menjadi 2, yaitu:
1. Motor 2 langkah (Tak)                                               
2. Motor 4 langkah (Tak)
ü  Motor 2 langkah (Tak) adalah mesin/motor yang memerlukan dua langkah torak (1 kali langkah ke atas/ascending stroke dan 1 kali langkah ke bawah discending stroke) untuk memperoleh 1 kali usaha di ruang pembakaran.
ü  Motor 4 langkah (Tak) adalah mesin/motor yang memerlukan 4 kali langkah torak (2 kali langkah ke atas dan 2 kali langkah ke bawah) untuk memperoleh 1 kali usaha di ruang pembakaran.

Prinsip Kerja Motor Bakar Torak
Motor 2 tak:
Setiap 1 kali putaran poros engkol atau 2 kali gerakan piston menghasilkan
1 kali usaha.

Motor 4 tak:
Setiap 2 kali putaran poros engkol atau 4 kali gerakan piston menghasilkan
http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/mesin-2-tak.jpg?w=5301 kali usaha.
http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/motor-bensin-4-tak.jpg?w=530
Proses Kerja Motor 2 tak:
http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/proses-2t.gif?w=481&h=296
1. Langkah 1 (Kompresi dan Hisap)
Pada langkah ini:
*Saat torak dari TMB menuju TMA, saluran udara masuk tertutup dan torak
   melakukan kompresi.
*Saluran intake (di bawah torak/ruang engkol/karter terbuka sehingga
   campuran bahan bakar + udara memasuki ruang engkol.


2. Langkah 2 (Usaha dan Buang)
Pada langkah ini:
*Piston bergerak dari TMA menuju TMB
*Sesaat sebelum piston menuju TMA, busi memercikkan bunga api sehingga
  terjadi pembakaran yang dilanjutkan dengan usaha sehingga piston terdorong
  ke bawah sampai saluran buang terbuka dan gas bekas terdorong ke luar ruang
  bakar
*Kemudian diikuti terbuka saluran bilas terbuka dan gas baru memasuki
   ruang bakar
Berikut di bawah ini animasi cara kerja motor 2 tak:
Proses Kerja Motor 4 tak:
1. Langkah Hisap
http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/images-intake.jpg?w=237&h=289Katub masuk terbuka dan katub buang tertutup. Piston bergerak dari TMA menuju TMB, maka campuran udara dan bahan bakar terhisap masuk ke dalam silinder.






2. Langkah Kompresi
http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/kerja-piston.png?w=463&h=395http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/picture41.png?w=462&h=320
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Kedua katub tertutup dan campuran udara dan bahan bakar dimampatkan.
3. Langkah Usaha
http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/picture51.png?w=473&h=324
Menjelang akhir langkah kompresi, busi memercikkan bunga api sehingga terjadilah pembakaran. Piston bergerak dari TMA ke TMB.

4. Langkah Buang
http://qtussama.files.wordpress.com/2012/01/picture61.png?w=461&h=320Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katub buang terbuka dan piston mendorong gas sisa pembakaran ke luar dari ruang bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar